Penulis / NIM
MOHAMAD FAISAL PAKAJA / 911417082
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
ARDIANSYAH, S.Pd., M.Pd / 0027088903
Abstrak
Moh Faisal Pakaja. NIM 911417082. 2022. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII SMP Negeri 1 Telaga Jaya Kabupaten GorontaloÂÂ. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah Bimbingan Bapak Dr. H Rosman Ilato, M.Pd Sebagai Pembimbing I dan Bapak Ardiansyah S.Pd, M.Pd Sebagai Pembimbing II.
Berdasarkan latar belakang dan identifikasi masalah maka dikemukakan rumusan masalah sebagai berikut : Apakah Terdapat Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII SMP Negeri 1 Telaga Jaya Kabupaten Gorontalo
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII SMP Negeri 1 Telaga Jaya Kabupaten Gorontalo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode penelitian Survei. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Telaga Jaya. Jumlah Penarikan Sampel dalam penelitian ini sebesar 90 responden. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata IPS Terpadu Kelas VII. Besaran pengaruh Motivasi belajar terhadap Hasil Belajar Siswa 40% sedangkan sisanya sebesar 60% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti.
Kata Kunci : Motivasi Belajar, Hasil Belajar Siswa
Download berkas