Penulis / NIM
ZEANITA MOHA / 911417084
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
ABSTRAK
ZENITA MOHA, 2022. PENGARUH LITERASI EKONOMI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo dengan Pembimbing I Dr. H. Rosman Ilato, M.Pd. dan Pembimbing II Agil Bahsoan, S.Ag, M.Ag.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi ekonomi terhadap perilaku konsumtif Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. Dengan mengetahui variabel literasi ekonomi berpengaruh terhadap variabel perilaku konsumtif Mahasiswa, Maka dapat disimpulkan bahwa perilaku konsumtif mahasiswa terjadi karena minimnya literasi ekonomi dari mahasiswa itu sendiri, dimana hal ini sejalan dengan pemahaman dan pengetahuan dasar teori ekonomi, konsep dan aplikasi. Perkembngan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pasar ekonomi global, masyarakat pada umumnya dan mahasiswa pada khususnya sebagai konsumen membutuhkan pengetahuan dasar mengenai ilmu ekonomi dalam mengalokasikan pendapatannya untuk pengambilan keputusan dalam memanfaatkan sumber daya yang terbatas guna memenuhi kebutuhan yang tidak terbatas. Oleh karena itu, literasi ekonomi atau melek ekonomi sangat diperlukan.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan teknik kuesioner. Penelitian ini dilakukan pada Mahasiswa angkatan 2019 dengan jumlah populasi sebanyak 158 orang dan sampel sebanyak 40 orang atau 25% dari jumlah populasi dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling dengan taraf kesalahan 5%. Analisis data dilakukan dengan uji prasyarat analisis dan dilanjutkan dengan uji regresi sederhana.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan literasi ekonomi terhadap perilaku konsumtif mahasiswa dengan nilai Rhitung sebesar 0,690 lebih besar dari nilai Rsquare sebesar 0,660, sehingga dapat dikatakan korelasinya positif. Selanjutnya, nilai Thitung sebesar 4,692 lebih besar dari nilai Ttabel yaitu sebesar 2,024, maka terdapat pengaruh signifikan.
Kata Kunci: Literasi Ekonomi, Perilaku Konsumtif Mahasiswa
Download berkas