Penulis / NIM
YERLINA BADARU / 911417096
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
ABSTRAK
YERLINA BADARU, 2022 ."ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI SMP NEGERI 1 BULANGO SELATANÂ. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo dengan Pembimbing I Dr. Meyko Panigoro, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Agil Bahsoan, S.Ag,M.Ag.
Latar belakang penelitian ini adalah adanya permasalahan siswa yang mengalami kesulitan belajar dalam pelajaran IPS. Kesulitan belajar yang dialami oleh siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Bulango Selatan ini dikarenakan siswa menganggap IPS merupakan mata pelajaran yang sulit. Selain itu, kesulitan belajar yang dialami siswa juga dipengaruhi oleh beberapa faktor. Jadi, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa pada pelajaran IPS.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Bulango Selatan yang mengalami kesulitan belajar IPS yang berjumlah 6 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara. Analisis data wawancara dilakukan untuk memperoleh data terkait kesulitan belajar yang dialami oleh siswa..
Kesulitan belajar IPS yang dialami siswa dikarenakan siswa tidak menyukai pelajaran IPS dan menganggap IPS merupakan pelajaran yang sulit. Motivasi belajar IPS siswa tergolong rendah, siswa cenderung tidak antusias dan tidak bersemangat dalam mengikuti pelajaran IPS. Minat belajar IPS siswa tergolong rendah, siswa cenderung acuh pada saat guru memberikan materi. Rasa percaya diri siswa rendah, siswa tidak percaya diri dengan kemampuannya untuk memahami materi jika tidak dibantu oleh guru. Faktor lingkungan keluarga siswa yang berpengaruh yaitu cara orang tua mendidik. Hampir seluruh orang tua memarahi anaknya jika mereka tidak mengerjakan PR dan juga pada saat anaknya mendapat nilai ulangan yang rendah. Faktor lingkungan sekolah yang berpengaruh yaitu cara mengajar guru. Tugas yang diberikan guru dalam pembelajaran dianggap terlalu banyak oleh beberapa siswa.
Kata kunci : Kesulitan belajar, Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar, IPS
Download berkas