Penulis / NIM
INDRAWATI S. OLII / 911417100
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SRI ENDANG SALEH, M.Si / 0013096708
Pembimbing 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstrak
ABSTRAK
Indrawati S. Olii. NIM 911 417 100. 2021. Skripsi Pengaruh Efektivitas Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 3 Satap TolangohulaÂ. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan ibu Dr. Dra. Sri Endang Saleh, M.Si sebagai pembimbing I dan Bapak Roy Hasiru, S.Pd, M.Pd sebagai pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efektivitas mengajar guru terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran IPS terpadu di SMP Negeri 3 Satap Tolangohula dengan menggunakan metode kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada siswa yang berjumlah 63 orang. Teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS 2020.
Hasil penelitian menunjukan efektivitas mengajar guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar Siswa, yang berarti dengan efektifnya mengajar guru yang semakin baik maka akan membuat hasil belajar siswa semakin baik, Koefisien determinasi dalam penelitian ini sebesar 0,542 Yang berarti variabilitas hasil belajar siswa dapat dijelaskan oleh efektivitas mengajar guru sebesar 54,2%.
Kata kunci : Efektivitas Mengajar Guru, Hasil Belajar Siswa.
Download berkas