Penulis / NIM
NURUL FADILAH HAMID / 911417105
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Pembimbing 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstrak
NURUL FADILAH HAMID, 2021. PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VIII SMP NEGERI 7 TELAGA BIRU KABUPATEN GORONTALOÂ.Program Studi S-1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo dengan Pembimbing I Dr. H. Usman Moonti, M.Si. dan Pembimbing II Roy Hasiru, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kelas terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadudi kelas VIII SMP Negeri 7 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Dengan mengetahui pengaruh pengelolaan kelas terhadap aktivitas belajar siswa, maka diharapkan aktivitas belajar siswa dapat lebih meningkat dari sebelumnya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional dan jumlah sampel sebanyak 82 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, kuesioner, dan dokumentasi serta teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji regresi sederhana.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif pengelolaan kelas terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VIII SMP Negeri 7 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Besar pengaruh pengelolaan kelas terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VIII SMP Negeri 7 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo mencapai 37,4% sedangkan sisanya sebesar 62,6% dipengaruhi oleh variabel lain.
Kata Kunci: Pengelolaan Kelas, Aktivitas Belajar
Download berkas