Penulis / NIM
NOPITA YUSUP / 911417106
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ERMAN I. RAHIM, S.Pd., S.H., M.H. / 0024127004
Abstrak
Nopita Yusuf. NIM 911417106. Skripsi Pengaruh Strategi Pembelajaran Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di Kelas VIII SMP Negeri 3 Paguyaman Kabupaten BoalemoÂ. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah Bimbingan Bapak Dr. H. Rosman Ilato, M.Pd Sebagai Pembimbing I dan Bapak Erman I. Rahim, S.Pd, MH Sebagai Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Strategi Pembelajaran Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di Kelas VIII SMP Negeri 3 Paguyaman Kabupaten Boalemo.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik regresi linier sederhana. Data yang digunakan adalah dengan cara melakukan penyebaran angket kepada siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 3 Paguyaman Kabupaten Boalemo. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 42 responden atau seluruh siswa kelas VIII. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS 21.
Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pembelajaran guru berpengaruh positif signifikan terhadap motivasi belajar siswa, yang berarti semakin baik strategi pembelajaran yang dilakukan oleh guru akan diikuti peningkatan motivasi belajar siswa. Analisis Regresi Linier Sederhana dalam penelitian ini sebesar 51,8% yang berarti variabilitas motivasi belajar siswa dapat dijelaskan oleh strategi pembelajaran guru sebesar 51,8%.
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Guru, Motivasi Belajar Siswa
Download berkas