Penulis / NIM
IFANALI SABAYA / 911417112
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Pembimbing 2 / NIDN
ABDULRAHIM MARUWAE, SE., M.Pd / 0014078806
Abstrak
IFANALI SABAYA, 2022. "PENGARUH PEMBELAJARAAN DARING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII DI SMP NEGERI 16 KOTA GORONTALO". Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo dengan Pembimbing I Dra. Irina Popoi, M.Pd. dan Pembimbing II Abdulrahim Maruwae, S.E., M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap aktivitas belajar siswa pada mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII di SMP Negeri 16 Kota Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan teknik kuesioner. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS terpadu di SMP Negeri 16 Kota Gorontalo dengan jumlah populasi sebanyak 49 siswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampling jenuh. Analisis data dilakukan dengan uji prasyarat analisis dan dilanjutkan dengan uji regresi sederhana.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pembelajaran daring terhadap aktivitas belajar siswa dengan nilai Rhitung sebesar 0,687 lebih besar dari nilai Rsquare sebesar 0,502, sehingga dapat dikatakan korelasinya positif. Selanjutnya, nilai Thitung sebesar 6,479 lebih besar dari nilai Ttabel yaitu sebesar 2,011, maka terdapat pengaruh signifikan.
Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Aktivitas Belajar Siswa
Download berkas