Penulis / NIM
NURMEILANY SABU / 911417114
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. RADIA HAFID, S.Pd, M.Si / 0025047103
Abstrak
Nurmeilany Sabu. NIM 911417114. 2021. Pengaruh Keterampilan Mengelola Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Mata Pelajaran IPS Terpadu Di Smp Negeri 1 Tapa Kec. Bulango Timur, Kab. Bone Bolango. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Di bawah Bimbingan Bapak Dr. H. Rosman Ilato, M.Pd Sebagai Pembimbing I dan Ibu Dr. H. Radia Hafid, S.Pd., M.Si Sebagai Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan mengelola kelas terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII mata pelajaran ips terpadu di Smp Negeri 1 Tapa Kec. Bulango Timur, Kab. Bone Bolango. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalan metode kuantitatif korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada siswa kelas VIII pada Mata Pelajaran Ips Terpadu Di Smp Negeri 1 Tapa. Penarikan sampel dalam penelitian ini sebesar 15% dari jumlah populasi dengan jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 38 responden dengan teknik pengambilan sampel yaitu teknik random sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS 21.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan mengelola kelas berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa, yang berarti dengan keterampilan mengelola kelas yang semakin baik dari guru maka akan menumbuhkan motivasi belajar siswa, koefisien determinasi dalam penelitian ini sebesar 33,9% yang berarti variabilitas Motivasi Belajar Siswa dapat dijelaskan oleh Keterampilan Mengelola Kelas 33,9%.
Kata Kunci : Ketarmpilan Mengelola Kelas, Motivasi Belajar Siswa
Download berkas