Penulis / NIM
GUSTIN R. AKUBA / 911417119
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. RUSTAM TOHOPI, S.Pd., M.Si / 0024037905
Abstrak
GUSTIN R. AKUBA, 2021. PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XII DI MAN 1 KABUPATEN GORONTALOÂÂ. Program Studi S-1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo dengan Pembimbing I Dr. H. Rosman Ilato, M.Pd. dan Pembimbing II Rustam Tohopi, S.Pd., M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa kelas XII di MAN 1 Kabupaten Gorontalo. Dengan mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar, maka diharapkan motivasi belajar yang ada pada diri siswa dapat lebih meningkat dari sebelumnya. Motivasi adalah hal yang penting dalam proses pembelajaran sebab motivasi merupakan penggerak pada diri siswa untuk melakukan kegiatan belajar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional dan jumlah sampel sebanyak 61 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, kuesioner, dan dokumentasi serta teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji regresi sederhana.
Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh positif dan signifikan Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XII di MAN 1 Kabupaten Gorontalo. Besar pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa kelas XII di MAN 1 Kabupaten Gorontalo mencapai 42,7% sedangkan sisanya sebesar 57,3% dipengaruhi oleh variabel lain seperti lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat.
Kata Kunci: Lingkungan Sekolah, Motivasi Belajar
Download berkas