SKRIPSI

Penulis / NIM
NELCY PAKAJI / 911417120
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. RADIA HAFID, S.Pd, M.Si / 0025047103
Abstrak
ABSTRAK NELCY PAKAJI, 2021. “PENGARUH FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 TELAGA BIRU KABUPATEN GORONTALO”. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo dengan Pembimbing I Dr. H. Rosman Ilato, M.Pd. dan Pembimbing II Dr. Radia Hafid, S.Pd.,M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Dengan mengetahui variabel fasilitas belajar siswa berpengaruh terhadap variabel motivasi belajar siswa, maka dapat disimpulkan bahwa dalam melakukan kegiatan pembelajaran, baik guru maupun siswa pastinya memerlukan fasilitas belajar yang dapat mendukung sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Dengan adanya dukungan fasilitas belajar yang memadai, guru tidak hanya menyampaikan secara lisan tetapi juga dengan cara tulis dan penggunaan alat belajar sesuai dengan fasilitas belajar yang disediakan oleh sekolah serta siswa akan lebih termotivasi untuk mengikuti dan melakukan aktivitas belajar. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan teknik kuesioner. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo dengan jumlah populasi sebanyak 92 siswa dengan taraf kesalahan 5%. Analisis data dilakukan dengan uji prasyarat analisis dan dilanjutkan dengan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikanfasilitas belajar siswa terhadap motivasi belajar siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,615 dan koefisien determinasi sebesar 0,578, sehingga dapat dikatakan korelasinya positif. Selanjutnya, t hitung sebesar 7,402 lebih besar dari t tabel yaitu sebesar 1,986, maka terdapat pengaruh signifikan. Kata Kunci: Fasilitas Belajar, Motivasi Belajar  
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011