SKRIPSI

Penulis / NIM
FRINSILILIA LASLANUT / 911417127
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Pembimbing 2 / NIDN
MELIZUBAIDA MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0017087805
Abstrak
ABSTRAK FRINSILILIA LASLANUT, 2021. PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMP NEGERI 8 KOTA GORONTALO. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo dengan Pembimbing I Dra. Irina Popoi, M.Pd, dan Pembimbing II Melizubaida Mahmud, S.Pd., M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMP Negeri 8 Kota Gorontalo. Dengan mengetahui variabel Media Pembelajaran Audio Visual berpengaruh terhadap variabel Aktivitas belajar siswa, Maka dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa agar lebih aktif harus diupayakan dan diarahkan untuk meningkatkan media pembelajaran audio visual secara tepat karena pembelajaran dengan menggunakan media audio visual dirasa efektif dan dapat menggairahkan semangat siswa dalam mengikuti jalannya proses belajar mengajar sehingga aktivitas belajar siswa akan terus meningkat dengan pemanfaatan media pembelajaran audio visual yang efektif. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan teknik kuesioner. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kota Gorontalo dengan jumlah populasi sebanyak 39 siswa dengan taraf kesalahan 5%. Analisis data dilakukan dengan uji prasyarat analisis dan dilanjutkan dengan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara media pembelajaran audio visual terhadap aktivitas belajar siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,598 dan koefisien determinasi sebesar 0,557, sehingga dapat dikatakan korelasinya positif. Selanjutnya, t hitung sebesar 4,536 lebih besar dari t tabel yaitu sebesar 2,026, maka terdapat pengaruh signifikan. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Aktivitas Belajar
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011