Penulis / NIM
FAZRIA Z. IBRAHIM / 911417130
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Abstrak
ABSTRAK
Fazria Z. Ibrahim. NIM 911417130. 2021. Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpandu Kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Gorontalo. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah Bimbingan Bapak Dr. H. Rosman Ilato, M.Pd Sebagai Pembimbing I dan Ibu Dr. Meyko Panigoro, S.Pd., M.Si Sebagai Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpandu Kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Gorontalo.
Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan metode penelitian Ex Post Facto. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 4 Kota Gorontalo. Penarikan sampel dalam penelitian ini sebesar 15% dari jumlah populasi dengan jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 responden dengan teknik pengambilan sampel yaitu teknik random sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisi regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS 21.
Hasil penelitian menunjukan disiplin belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa, yang berarti semakin disiplin siswa dalam belajar maka akan meningkatkan hasil belajar siswa, Koefisien determinasi dalam penelitian ini sebesar 62,2% yang berarti variabilitas hasil belajar siswa dapat dijelaskan oleh disiplin belajar sebesar 62,2%. Sementara sisanya sebesar 37,8% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Disiplin Belajar, Hasil Belajar Siswa
Download berkas