Penulis / NIM
ANDRAWATI HAMSAH / 911417134
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Pembimbing 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstrak
ABSTRAK
Andrawati Hamsah. NIM 911417134. 2021. Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di Kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Gorontalo. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah Bimbingan Ibu Meyko Panigoro, S.Pd., M.Si Sebagai Pembimbing I dan Bapak Roy Hasiru, S.Pd., M.Pd Sebagai Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di Kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasional dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 4 Gorontalo. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus slovin dengan jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 38 responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS 21.
Hasil penelitian menunjukan motivasi belajar berhubungan positif dan signifikan dengan hasil belajar siswa, yang berarti dengan semakin tinggi Motivasi Belajar siswa maka akan diikuti dengan Hasil Belajar yang meningkat, Koefisien determinasi dalam penelitian ini sebesar 46,5% yang berarti variabilitas hasil belajar siswa dapat dijelaskan oleh motivasi belajar sebesar 46,5%.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Hasil Belajar Siswa
Download berkas