Penulis / NIM
YUNIKARTIKA Y. NDAHURA / 911417139
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Pembimbing 2 / NIDN
SUDIRMAN, S.Pd., M.Pd / 0020048202
Abstrak
ABSTRAK
YUNIKARTIKA Y. NDAHURA, 2021. PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS VIII SMP NEGERI 1 TAPA KABUPATEN BONE BOLANGO PROVINSI GORONTALOÂ. Program Studi S-1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo dengan Pembimbing I Dr. H. Usman Moonti, M.Si. dan Pembimbing II Sudirman, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran berbasis visual terhadap hasil belajar SMP Negeri 1 Tapa Kbupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo. Dengan mengetahui pengaruh media pembelajaran visual terhadap hasil belajar, maka diharapkan hasil belajar siswa dapat lebih meningkat dari sebelumnya. Hasil belajar adalah hal yang sangat penting, untuk mengetahui perkembangan siswa dari segi pengetahuan, sifat, dan keterampilan, atau bisa di sebut ranah kognitif, afektif dan psikomotorik
Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada kelas VIII di SMP Negeri 1 Tapa dengan jumlah sampel sebanyak 37 siswa atau 15% dari jumlah populasi dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas data dan uji linieritas kemudian dilanjutkan dengan uji regresi sederhana.
Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,561 dan koefisien determinasi sebesar 0,314, sehingga dapat dikatakan korelasinya positif. Lebih jauh, t hitung sebesar 4,005 lebih besar dari t tabel yaitu sebesar 2,030, maka terdapat pengaruh signifikan.
Kata Kunci: Media Pembelajaran Berbasis Visual, Hasil Belajar
Download berkas