Penulis / NIM
NUR`AIN ANGGRAINI DJIBU / 911417143
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Pembimbing 2 / NIDN
SUDIRMAN, S.Pd., M.Pd / 0020048202
Abstrak
ABSTRAK
NURâ€AIN ANGGRAINI DJIBU, 2021. â€PENGARUH BELAJAR DARING MENGGUNAKAN CLASSROOOM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 TELAGA BIRU KABUPATEN GORONTALOâ€. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo dengan Pembimbing I Dr. Meyko Panigoro, S.Pd, M.Pd. dan Pembimbing II Sudirman, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh belajar daring menggunakan classrooom terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Dengan mengetahui variabel belajar daring berpengaruh terhadap variabel hasil belajar siswa, Maka dapat disimpulkan bahwa belajar daring dengan menggunakan classrooom memegang peranan penting terhadap hasil belajar siswa, sebab belajar daring menggunakan classroom guru dapat membuat kelas, mendistribusikan tugas, memberi nilai, mengirim masukan dan melihat semuanya di satu tempat. Proses belajar dengan cara ini dinilai sangat baik, karena sumber belajar dapat dipergunakan dengan gratis oleh ribuan orang serta proses pembelajaran ini akan menarik karena penyampaian data yang disiapkan dalam media tersebut menyenangkan dan mudah untuk dicerna.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan teknik kuesioner. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo dengan jumlah populasi sebanyak 89 siswa dengan taraf kesalahan 5%. Analisis data dilakukan dengan uji prasyarat analisis dan dilanjutkan dengan uji regresi sederhana.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara minat siswa memilih jurusan terhadap prestasi belajar siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,632 dan koefisien determinasi sebesar 0,583, sehingga dapat dikatakan korelasinya positif. Selanjutnya, t hitung sebesar 5,866 lebih besar dari t tabel yaitu sebesar 1,987, maka terdapat pengaruh signifikan.
Kata Kunci: Belajar Daring, Hasil Belajar
 
Download berkas