Penulis / NIM
RINDI YANI DAUD / 911417144
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
ABSTRAK
Rindi Yani Daud. NIM 911417144. 2021. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Power Point Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII Di SMP Negeri 1 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah Bimbingan Bpk Dr. Rosman Ilato M.Pd., Sebagai Pembimbing I dan Bpk Agil Bahsoan, S.Ag, M.Ag., Sebagai Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII Di SMP Negeri 1 Telaga Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasional dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 1 Telaga. Penarikan sampel dalam penelitian ini sebesar 12,5% dari jumlah populasi dengan jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 33 responden dengan teknik pengambilan sampel yaitu teknik random sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS 26.
Hasil penelitian menunjukan Penggunaan Media Pembelajaran Powerpoint berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa, yang berarti semakin baik Penggunaan Media Pembelajaran Powerpoint yang dilakukan maka akan meningkatkan hasil belajar siswa, Koefisien determinasi dalam penelitian ini sebesar 54,7% yang berarti variabilitas hasil belajar siswa dapat dijelaskan oleh Penggunaan Media Pembelajaran Powerpoint sebesar 54,7%.
Kata Kunci: Penggunaan Media Pembelajaran Powerpoint, Hasil Belajar Siswa
Download berkas