Penulis / NIM
YUSRAN AHMAD / 911417145
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Pembimbing 2 / NIDN
MELIZUBAIDA MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0017087805
Abstrak
Yusran Ahmad, 911417145 Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XII IPS Di SMA Negeri 1 Suwawa Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, 2021. Pembimbing I Dra. Irina Popoi, M.Pd dan Melizubaida Mahmud, S.Pd,. M.Si selaku Pembimbing II.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XII IPS Di SMA Negeri 1 Suwawa Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, dengan Sampel sebanyak 50 siswa kelas XII IPS. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dengan bantuan program SPSS 25.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap aktivitas belajar siswa. Persamaan antara media pembelajaran dan aktivitas belajar siswa adalah Ã...¶ = 0,444 + 31,111x model regresi ini menunjukan bahwa setiap kenaikan satu skor penggunaan media pembelajaran maka akan diikuti oleh peningkatan skor aktivitas belajar siswa sebesar 31,111 pada konstanta 0,444 dengan nilai R2 sebesar 0,194 atau 19,4%. Hal ini menjelaskan bahwa variabel bebas dapat menjelaskan variabel terikat sebesar 19,4% sedangkan sisanya 80,6% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Penggunaan Media Pembelajaran, Aktivitas Belajar Siswa
Download berkas