Penulis / NIM
DEBRILA PAUDI / 911417146
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
MELIZUBAIDA MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0017087805
Pembimbing 2 / NIDN
SUDIRMAN, S.Pd., M.Pd / 0020048202
Abstrak
ABSTRAK
Debrila Paudi. NIM 911417146. 2021. Pengaruh Penerapan Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII Di SMP Negeri 1 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah Bimbingan Ibu Mellyzubaida Mahmud, S.Pd., M.Si Sebagai Pembimbing I dan Sudirman, S.Pd., M.Pd Sebagai Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII Di SMP Negeri 1 Telaga Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasional dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 1 Telaga. Penarikan sampel dalam penelitian ini sebesar 15% dari jumlah populasi dengan jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 responden dengan teknik pengambilan sampel yaitu teknik random sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS 21.
Hasil penelitian menunjukan metode resitasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa, yang berarti semakin baik metode resitasi yang dilakukan maka akan meningkatkan hasil belajar siswa, Koefisien determinasi dalam penelitian ini sebesar 74,5% yang berarti variabilitas hasil belajar siswa dapat dijelaskan oleh metode pembelajaran resitasi sebesar 74,5%.
Kata Kunci: Metode Resitasi, Hasil Belajar Siswa
Download berkas