Penulis / NIM
KINTA UTARI ISHAK / 911417148
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. RIZAN MACHMUD, S.Kom, M.Si / 0016078304
Pembimbing 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstrak
ABSTRAK
Kinta Utari Ishak NIM 911417148. 2021. Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS Di SMA Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah Bimbingan Dr. Rizan Mahmud, S.Sos., M.Si Sebagai Pembimbing I dan Roy Hasiru, S.Pd., M.Pd Sebagai Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS Di SMA Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasional dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada siswa kelas X pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Kabila. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan Proportionate Stratified Random Sampling dengan jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 35 responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS 21.
Hasil penelitian menunjukkan teknologi informasi dalam pembelajarn daring positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa, yang berarti semakin baik pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran daring akan meningkatkan hasil belajar siswa, Koefisien determinasi dalam penelitian ini sebesar 87,2% yang berarti variabilitas hasil belajar siswa dapat dijelaskan oleh teknologi informasi sebesar 87,2%.
Kata Kunci: Teknologi Informasi, Hasil Belajar Siswa
Download berkas