Penulis / NIM
NILA IKRAM S.B / 911417155
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Abstrak
ABSTRAK
Nila Ikram S.B. NIM 911417155. 2021. Pengaruh Pemberian Umpan Balik (Feedback) Guru Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Tepadu Kelas VIII di SMP Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah Bimbingan Bapak Dr. H. Rosman Ilato, M.Pd., Sebagai Pembimbing I dan Ibu Dra. Irina Popoi, M.Pd.,Sebagai Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh PemberianUmpan Balik (feedback) Guru Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Tepadu KelasVIII di SMP Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasional dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 1 Tapa. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus slovin dengan jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 38 responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS 21.
Hasil penelitian menunjukan umpan balik (Feedback) guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap aktivitas belajar siswa, yang berarti semakin baik umpan balik yang dilakukan oleh guru maka akan meningkatkan aktivitas belajar siswa, Koefisien determinasi dalam penelitian ini sebesar 55,4% yang berarti variabilitas aktivitas belajar siswa dapat dijelaskan oleh umpan balik (Feedback) guru sebesar 55,4%.
Kata Kunci: Umpan Balik (Feedback) Guru, Aktivitas Belajar Siswa
Download berkas