Penulis / NIM
KARMILA A. ASURA / 911417156
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ERMAN I. RAHIM, S.Pd., S.H., M.H. / 0024127004
Abstrak
ABSTRAK
Karmila A. Asura. NIM 911417156. 2021. Pengaruh Penggunaan Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII di SMP Negeri 4 Kota Gorontalo. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah Bimbingan Bapak Dr. H. Rosman Ilato, M.Pd Sebagai Pembimbing I dan Bapak Erman I. Rahim, S.Pd., MH Sebagai Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII di SMP Negeri 4 Kota Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasional dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 4 Gorontalo. Penarikan sampel dalam penelitian ini sebesar 15% dari jumlah populasi dengan jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 responden dengan teknik pengambilan sampel yaitu teknik random sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS 21.
Hasil penelitian menunjukan metode pembelajaran resitasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa, yang berarti semakin baik metode resitasi yang dilakukan maka akan meningkatkan hasil belajar siswa, Koefisien determinasi dalam penelitian ini sebesar 49,7% yang berarti variabilitas hasil belajar siswa dapat dijelaskan oleh metode pembelajaran resitasi. Sedangkan sisanya 50,3% dapat dijelaskan oleh variabl lain yang tidak masuk dalam model penelitian ini.
Kata Kunci: Metode Pembelajaran Resitasi, Hasil Belajar Siswa
Download berkas