Penulis / NIM
HARYATI PULUHULAWA / 911417159
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Pembimbing 2 / NIDN
SUDIRMAN, S.Pd., M.Pd / 0020048202
Abstrak
ABSTRAK
Haryati Puluhulawa. NIM 911417159. 2021. Pengaruh Tingkat Ekonomi Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII di SMP Negeri 8 Kota Gorontalo. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah Bimbingan Bapak Dr. Usman Moonti, M.Si Sebagai Pembimbing I dan Sudirman, S.Pd., M.Pd Sebagai Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Tingkat Ekonomi Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII di SMP Negeri 8 Gorontalo Kota Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasional dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Data yang digunakana dalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 8 Kota Gorontalo. Penarikan sampel dalam penelitian ini sebesar 15% dari jumlah populasi dengan jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 39 responden dengan teknik pengambilan sampel yaitu teknik random sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS 21.
Hasil penelitian menunjukan tingkat ekonomi orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa, yang berarti Ketika tingkat ekonomi orang tua semakin baik maka dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Atau sebaliknya ketika tingkat ekonomi orang tua semakin tidak baik maka dapat menurunkan hasil belajar siswa. Koefisien determinasi dalam penelitian ini sebesar 52,4% yang berarti variabilitas hasil belajar siswa dapat dijelaskan oleh tingkat ekonomi orang tua sebesar 52,4%.
Kata Kunci: Tingkat Ekonomi Orang Tua, Hasil Belajar Siswa
Download berkas