Penulis / NIM
NURAIN MOKOGINTA / 911417163
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. RADIA HAFID, S.Pd, M.Si / 0025047103
Abstrak
ABSTRAK
Nurain Mokoginta. NIM 911417163. 2021. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Di Masa Pandemic Covid-19 Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII Di SMPN 10 Kota Gorontalo. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah Bimbingan Bapak Dr. H. Rosman Ilato, M.Pd Sebagai Pembimbing I dan Ibu Dr. Radia Hafid, S.Pd., M.Si Sebagai Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Di Masa Pandemic Covid-19 Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII Di SMPN 10 Kota Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasional dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 10 Kota Gorontalo. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus slovin dengan jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 25 responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS 21.
Hasil penelitian menunjukan motivasi belajar siswa berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar siswa, yang berarti semakin tinggi motivasi belajar siswa akan diikuti peningkatan hasil belajar siswa, sebaliknya semakin rendah motivasi belajar siswa akan diikuti hasil belajar siswa yang semakin rendah. Koefisien determinasi dalam penelitian ini sebesar 93,3% yang berarti variabilitas hasil belajar siswa dapat dijelaskan oleh motivasi belajar siswa sebesar 93,3%.
Kata Kunci: Motivasi Belajar Siswa, Hasil Belajar Siswa
Download berkas