Penulis / NIM
NI KETUT DARNITI / 911417164
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
ABSTRAK
Ni Ketut Darniti.911 417 164. 2021.Pengaruh Motivasi Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas IX-2 Di SMP Negeri 12 Kota Gorontalo. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo Pembimbing I Ibu Dr.Meyko Panigoro,S.Pd,M.Pd dan Pembimbing II Bapak Agil Bahsoan,S.Ag,M.Ag
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Motivasi Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas IX-2 Di SMP Negeri 12 Kota Gorontalo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian kuantitatif korelasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, dokumentasi, dan angket dengan menggunakan skala likert dengan 5 alternatif jawaban. Teknik Pengujian hipotesisi dengan menggunakan analisis regresi sederhana, dan uji pra syarat yaitu, uji normalitas dengan One Sample Kolmogorov-Smirnov dan uji linearitas dengan bantuan SPSS versi 16
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi orang tua berpengaruh secara postif dan signifikan teradap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu kelas IX-2 di SMP Negeri 12 Kota Gorontalo yang ditunjukkan oleh nilai determinasi R^2 sebesar 0,277. Nilai ini berarti bahwa sebesar 27,7 % hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu kelas IX-2 di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 12 Kota Gorontalo dipengaruhi oleh Motivasi Orang Tua. Dan sebesar 72,3 % di pengaruhi faktor lainnya yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Motivasi Orang Tua
Download berkas