Penulis / NIM
ROSDIANA SURATINOYO / 911417167
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Abstrak
Rosdiana Suratinoyo. NIM 911417167. 2021. Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII di SMP Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Di bawah Bimbingan Bapak Dr. H. Usman Moonti, M.Si sebagai Pembimbing 1 dan Ibu Meyko Panigoro, S.Pd., M.Pd sebagai Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII di SMP Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasional dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 1 Paguyaman. Penarikan sampel dalam penelitian ini berjumlah 32 responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS 21.
Hasil penelitian menunjukan motivasi belajar berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar siswa, yang berarti semakin tinggi motivasi belajar akan diikuti peningkatan hasil belajar siswa, sebaliknya semakin rendah motivasi belajar akan diikuti hasil belajar siswa yang semakin rendah. Koefisien determinasi dalam penelitian ini sebesar 22,7% yang berarti variabilitas hasil belajar siswa dapat dijelaskan oleh motivasi belajar sebesar 22,7%.
Download berkas