Penulis / NIM
DIAN PUSPITASARI / 911417175
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
ABSTRAK
Dian Puspitasari. NIM 911417175. 2021. Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 1 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah Bimbingan Bapak Dr. Usman Moonti, M.Si Sebagai Pembimbing I dan Bapak Agil Bahsoan, S.Ag., M.Ag Sebagai Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 1 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasional dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 1 Telaga Biru Kabupaten Gorotalo. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus slovin dengan jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 31 responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS 21.
Hasil penelitian menunjukan keterampilan mengajar guru berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar siswa, yang berarti semaking baik keterampilan mengajar guru maka akan meningkatkan hasil belajar siswa. Koefisien determinasi dalam penelitian ini sebesar 93,4% yang berarti variabilitas hasil belajar siswa dapat dijelaskan oleh keterampilan mengajar guru, sedangkan sisanya sebesar 6,6% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini
Kata Kunci: Keterampilan Mengajar Guru, Hasil Belajar Siswa
Download berkas