Penulis / NIM
FITRIANI R. GAFAR / 911417179
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
ABSTRAK
Fitriani R. Gafar. NIM 911417179. 2021. Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 1 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah Bimbingan Bapak Dr. H. Rosman Ilato, M.Pd Sebagai Pembimbing I dan Bapak Agil Bahsoan, S.Ag., M.Ag Sebagai Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 1 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian ex post facto. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 1 Telaga Biru Kabupaten Gorotalo. Penarikan sampel pada penelitian ini menggunakan rumus slovin dengan jumlah sampel pada penelitian ini adalah 31 responden. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS 21.
Hasil penelitian menunjukan bahwa disiplin belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa, yang berarti semakin tinggi disiplin belajar akan diikuti oleh meningkatnya hasil belajar, sebaliknya semakin rendah disiplin belajar akan diikuti hasil belajar yang semakin berkurang. Koefisien determinasi pada penelitian ini sebesar 36,1% yang berarti variabilitas hasil belajar siswa dapat dijelaskan oleh disiplin belajar sebesar 36,1%.
Kata Kunci: Disiplin Belajar, Hasil Belajar Siswa
Download berkas