Penulis / NIM
MUSPIN POKIYO / 911417180
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Pembimbing 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstrak
ABSTRAK
MUSPIN POKIYO, 2021. "PENGARUH FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XII IPS MATA PELAJARAN EKONOMI DI MAN 1 LIMBOTO KABUPATEN GORONTALO". Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo dengan Pembimbing I Dra. Irina Popoi, M.Pd, dan Pembimbing II Roy Hasiru, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas XII IPS mata pelajaran ekonomi di MAN 1 Limboto Kabupaten Gorontalo. Dengan mengetahui variabel fasilitas belajar berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa, Maka dapat disimpulkan bahwa dalam melakukan kegiatan pembelajaran, baik guru maupun siswa pastinya memerlukan fasilitas belajar yang dapat mendukung sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Dengan adanya dukungan fasilitas belajar yang memadai, guru tidak hanya menyampaikan secara lisan tetapi juga dengan cara tulis dan penggunaan alat belajar sesuai dengan fasilitas belajar yang disediakan oleh sekolah serta siswa akan lebih termotivasi untuk mengikuti dan melakukan aktivitas belajar.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan teknik kuesioner. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XII IPS di MAN 1 Limboto Kabupaten Gorontalo dengan jumlah populasi sebanyak 35 siswa dengan taraf kesalahan 5%. Analisis data dilakukan dengan uji prasyarat analisis dan dilanjutkan dengan uji regresi sederhana.
Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai R hitung sebesar 0,656 lebih besar dari R tabel sebesar 0,605 sehingga dapat dikatakan bahwa variabel fasilitas belajar berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa. Selanjutnya, nilai T hitung sebesar 4,262 lebih besar dari T tabel yaitu sebesar 2,034, sehingga dapat dikatakan bahwa variabel fasilitas belajar berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa.
Kata Kunci: Fasilitas Belajar, Motivasi Belajar
Download berkas