Penulis / NIM
VIRDA HASTITA BUKOTING / 911417183
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
ABSTRAK
Virda Hastita Bukoting. 2021. Skripsi â�Å"Perbedaan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII SMP Negeri 4 Lolayan Kabupaten Bolaang Mongondowâ�Â. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Di bawah bimbingan I Bapak Dr. Usman Moonti, M.Si, dan Bimbingan II Bapak Agil Bahsoan S.Ag, M.Ag.
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran problem based learning dan project based learning pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) terpadu kela VII di SMP Negeri 4 Lolayan Kabupaten Bolaang Mongondow Provinsi Sulawesi Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggukan metode Eksperimen Kuantitatif. Desain penelitian menggunakan True Eksperimental Design dan jenis penelitian Pretest-Postest Control Group Design. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, tes dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan: Terdapat perbedaan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran problem based learning dan project based learning pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) terpadu kela VII di SMP Negeri 4 Lolayan Kabupaten Bolaang Mongondow Provinsi Sulawesi Utara. Penerapan model problem based learning memberikan pengaruh yang lebih tinggi 3.036 dari pada model project based learning sebesar 2,931
Kata Kunci : Hasil Belajar, Problem Based Learning, Project Based Learning
Download berkas