Penulis / NIM
ALFIAN SOWAN TILOME / 911417190
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
ABSTRAK
Alfian Sowan Tilome, 911 417 190, ."Pengaruh Keterampilan Memberi Penguatan Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi di Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Limboto, Kabupaten GorontaloÂ. Program studi S1 Pendidikan Ekonomi, Konsentrasi Administrasi Perkantoran, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo dibawah bimbingan Bapak Dr. H. Usman Moonti, M.Si Selaku Pembimbing 1, dan Bapak H. Agil Bahsoan, S.Ag, M.Ag Selaku Pembimbing 2 .
Identifikasi masalah dalam penelitian ini adalah : Siswa kurang termotivasi, rendahnya keberasilan belajar siswa, kurangnya pemberian penghargaan dari guru. Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui Seberapa Besar Pengaruh Keterampilan Memberi Penguatan Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi di Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Limboto, Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi sederhana, sampel pada penelitian ini berjumlah 94 siswa.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh keterampilan memberi penguatan terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari diterimanya hipotesis yang menyatakan bahwa pemberian penguatan berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa, kemudian variabilitas antara keterampilan memberi penguatan dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi yakni sebesar 73% hal ini berarti 73% terdapat pengaruh variabel motivasi belajar siswa dan siswanya sebesar 27 % dipengaruhi oleh faktor lain diluar yang diteliti oleh peneliti.
Kata Kunci : Pemberian Penguatan, Motivasi Belajar Siswa.
Download berkas