Penulis / NIM
ALFANDI ATUNA / 911417191
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Pembimbing 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstrak
ALFANDI ATUNA. NIM 911417191. 2021. Pengaruh Penerapan Kurikulum 2013 Terhadap Motivasi Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP N Tonala Kecamatan Posigadan Kabipaten Bolaang Mongondow Selatan .Skripsi. Program Studi S-1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo dengan Pembimbing I Dr. Meyko Panigoro, S.Pd, M.Pd. dan Pembimbing II Roy Hasiru, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan kurikulum 2013 terhadap motivasi belajar siswa di SMP Negeri Tonala pada mata pelajaran IPS kelas VII Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Dengan mengetahui pengaruh penerapan kurikulum 2013 terhadap motivasi belajar, maka diharapkan motivasi belajar yang ada pada diri siswa dapat lebih meningkat dari sebelumnya. Motivasi adalah hal yang penting dalam proses pembelajaran sebab motivasi merupakan penggerak pada diri siswa untuk melakukan kegiatan belajar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional dan jumlah sampel sebanyak 74 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, kuesioner, dan dokumentasi serta teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji regresi linier sederhana.
Kata Kunci: Penerapan Kurikulum 2013, Motivasi Belajar
Download berkas