Penulis / NIM
YUSUF OWEN TUMBELAKA / 911417195
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SRI ENDANG SALEH, M.Si / 0013096708
Pembimbing 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstrak
ABSTRAK
YUSUF OWEN TUMBELAKA, 2021. PENGARUH CARA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAPJDM KELAS XI AKL DI SMK NEGERI 1 KOTA GORONTALOÂ. Program Studi S-1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo dengan Pembimbing I Dr. Dra. Sri Endang Saleh, M.Si, dan Pembimbing II Roy Hasiru, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh cara belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pengantar Akuntansi Perusahaan Jasa Dagang dan Manufaktur (PAPJDM) Kelas XI AKL di SMK Negeri 1 Kota Gorontalo. Dengan mengetahui pengaruh cara belajarterhadap hasil belajar siswa, maka diharapkan hasil belajar pada siswa dapat lebih meningkat dari sebelumnya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Dengan menggunakan metode korelasional dan jumlah sampel sebanyak 91 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, kuesioner, dan dokumentasi serta teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana.
Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh positif cara belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pengantar Akuntansi Perusahaan Jasa Dagang dan Manufaktur (PAPJDM) Kelas XI AKL di SMK Negeri 1 Kota Gorontalo. Besar pengaruh cara belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pengantar Akuntansi Perusahaan Jasa Dagang dan Manufaktur (PAPJDM) Kelas XI AKL di SMK Negeri 1 Kota Gorontalo mencapai 63,8% sedangkan sisanya sebesar 36,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Cara Belajar, Hasil Belajar
Download berkas