Penulis / NIM
HARIYATI HAMZAH / 911418019
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. RADIA HAFID, S.Pd, M.Si / 0025047103
Abstrak
ABSTRAK
Hariyati Hamzah. NIM 911418019. 2022. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas IX SMP Negeri 2 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah Bimbingan Bapak Dr. H. Rosman Ilato, M.Pd Sebagai Pembimbing I dan Ibu Dr. Radia Hafid, S.Pd., M.Si Sebagai Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas IX SMP Negeri 2 Telaga Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasional dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada siswa kelas IX pada mata pelajaran IPS Terpadu SMP Negeri 2 Telaga Kabupaten Gorontalo. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Penarikan sampel dalam penelitian ini berjumlah 68 responden.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas IX SMP Negeri 2 Telaga Kabupaten Gorontalo. Koefisien determinasi dalam penelitian ini sebesar 12,9% yang berarti variabilitas prestasi belajar siswa dapat dijelaskan oleh status sosial ekonomi orang tua sebesar 12,9%.
Kata Kunci : Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Prestasi Belajar Siswa
Download berkas