Penulis / NIM
ISMAIL DENGO / 911418034
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Ir. SYARWANI CANON, M.Si / 0024076506
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Abstrak
Ismail Dengo. NIM 911418034. 2022. "Pengaruh Model Pembelajaran Kolaborasi Discovery Learning Dengan Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 3 Kota GorontaloÂÂ. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah Bimbingan Bapak Prof. Dr. Ir. Syarwani Canon, M.Si, Sebagai Pembimbing I & Ibu Dr. Meyko Panigoro, S.pd, M.Pd, Sebagai Pembimbing II.
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu "Apakah terdapat Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Menggunakan Model Pembelajaran Konvensional dan Model Pembelajaran Kolaborasi Pada Siswa Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 3 Kota Gorontalo? dengan tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional dan model pembelajaran kolaborasi discovery learning dengan make a match pada siswa kelas XI mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 3 Kota Gorontalo. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan jenis desain Posttest Only Control Design. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 176 siswa dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 70 siswa dengan teknik pengambilan sampel Cluster Sampling. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai hasil belajar yang menggunakan model pembejaran konvensional dengan yang menggunakan model pembelajaran kolaborasi. Dan jika dilihat dari nilai awal siswa sebelum diberikan perlakuan dan setelah diberikan perlakuan bahwa terdapat perbedaan rata " rata nilai baik dari yang menggunakan model pembelajaran konvensional dengan yang menggunakan model pembelajaran kolaborasi. Besaran pengaruh sebelum dan sesudah dilakukan model pembelajaran dari yang menggunakan model pembelajaran konvensional sebesar 72,17% dan dari yang menggunakan model pembelajaran kolaborasi sebesar 92,05%.
Kata Kunci : Model Pembelajaran, Hasil Belajar
Download berkas