Penulis / NIM
BERKAH PAKAYA / 911418037
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
MELIZUBAIDA MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0017087805
Pembimbing 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstrak
ABSTRAK
Berkah Pakaya. NIM 911 418 037 Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII Di MTs Muhammadiyah Kabila Kabupaten Bone BolangoSkiripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah Bimbingan Ibu Melizubaida Mahmud S.Pd, M.Si Selaku Pembimbing I Dan Bapak Roy Hasiru, S.Pd, M.Pd Selaku Pembimbing II,
Rumusan masalah dalam penelitian ini Apakah terdapat pengaruh Profesionalisme guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII di MTS Muhammadiyah Kabila Kabupaten Bonebolango.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan kuisioner. Populasi dalam penelitian ini yang menjadi sampel adalah seluruh siswa di kelas VIII MTs Muhammadiyah Kabila yang berjumlah 72 orang yang terbagi menjadi 4 kelas.Metodeanalisisyangdigunakanadalahregresilinearsederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa profesionalisme guru berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII di MTs Muhammadiyah Kabila,Kecamatan Tilong Kabila Kabupaten Bone Bolango. Dari hasil perhitungan koefisien determinasi menunjukan R square sebesar0,453 yang berarti bahwa sebesar 45,3 % variabilitas mengenaihasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII di MTs Muhammadiyah Kabila,Kecamatan Tilong Kabila Kabupaten Bone Bolango dapat diterangkan oleh profesionalisme guru,sedangkan sisanya sebesar 54,7% dipengaruhi oleh variabel lain.
KataKunci: Profesionalisme Guru, Hasil Belajar Siswa
Download berkas