Penulis / NIM
MOHAMAD AKBAR H. DUNGGIO / 911418056
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. RADIA HAFID, S.Pd, M.Si / 0025047103
Abstrak
ABSTRAK
Mohamad Akbar H. Dunggio. 2022. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTs Negeri 1 Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Irina Popoi, M.Pd. Pembimbing II Dr. Radia Hafid, S.Pd, M.Si.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan model pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTS NEGERI 1 Kota Gorontalo. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, kuisoner, dan dokumentasi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII 8 dan VIII 9 sebanyak 53 siswa, penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana yaitu uji normalitas dan uji linieritas
Hasil penelitian ini menunjukkan pengaruh yang kuat yang ditunjukkan oleh besar nilai koefisien korelasi dan nilai koefisien determinasi menunjukkan besarnya persentase pengaruh sebesar 45,4%. Dengan demikian, hipotesis penelitian yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh antara model pembelajaran disovery learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VIII MTs Negeri 1 Kota Gorontalo, diterima dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Discovery Learning, Hasil Belajar
Download berkas