Penulis / NIM
LANI HAMID / 911418071
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
ABSTRAK
Lani Hamid. NIM 911418071. 2022. "Pengaruh Manajemen Berbasis Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di MTS Muhammadiyah Kota GorontaloÂ. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah Bimbingan Ibu Dra. Irina popoi, M.Pd Sebagai Pembimbing I & Bapak Agil Bahsoan S,Ag., M,Ag, Sebagai Pembimbing II.
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Manajemen Berbasis Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di MTS Muhammadiyah Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode penelitian Survei.Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 36 siswa. Teknik pengumpulan data Kuesioner (angket) dan di analisis menggunakan teknik analisis korelasi determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengaruh Manajemen Berbasis Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di MTS Muhamadiyah Kota Gorontalo, Dapat dilihat dari hasil analisis korelasi determinasi menunjukan terdapat hubungan antara Manajemen Berbasis Sekolah (X) dan Hasil Belajar Siswa (Y) pada siswa kelas VIII mata pelajaran IPS Terpadu di Mts Muhamadiyah Kota Gorontalo. Dari hasil penelitian ini koefisien determinasi menunjukan pengaruh manajemen berbasis sekolah terhadap hasil belajar siswa kelas VIII mata pelajaran IPS Terpadi di MTs Muhammadiyah Kota Gorontalo sebesar 29,1%. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diketahui dalam penelitian ini.
Kata Kunci :Manajemen Berbasis Sekolah,Hasil Belajar Siswa
Download berkas