Penulis / NIM
KARMILA YAKUB / 911418072
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
IRWAN YANTU, S.Pd., M.Si / 0020107305
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
KARMILA YAKUB, 2022. PENGARUH PELAYANAN ADMINISTRASI KANTOR TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI KANTOR KELURAHAN TANJUNG KRAMAT, KOTA GORONTALO. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo dengan Pembimbing I Irwan Yantu, S.Pd., M.Si., dan Pembimbing II Agil Bahsoan, S.Ag., M.Ag.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pelayanan administrasi berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat di Kantor Kelurahan Tanjung Kramat, Kota Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan administrasi kantor terhadap kepuasan masyarakat di Kantor Kelurahan Tanjung Kramat, Kota Gorontalo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan kusioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat Kelurahan Tanjung Kramat, Kota Gorontalo sebanyak 1309 orang sedangkan Sampel dalam penelitian ini sebanyak 130 orang. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan administrasi kantor berpengaruh positif terhadap kepuasan masyarakat di Kantor Kelurahan Tanjung Kramat, Kota Gorontalo. Dari hasil perhitungan koefisien determinasi menunjukan R square sebesar 0,648 yang berarti bahwa sebesar 64.8% variabilitas mengenai kepuasan masyarakat di Kantor Kelurahan Tanjung Kramat, Kota Gorontalo dapat diterangkan oleh pelayanan administrasi, sedangkan sisanya sebesar 35.2% dipengaruhi oleh variabel lain.
Kata Kunci : Pelayanan Administrasi Kantor, Kepuasan Masyarakat
Download berkas