Penulis / NIM
ANNISA MELIYANA / 911418105
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MUHAMMAD AMIR ARHAM, M.E. / 0025077203
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Abstrak
Annisa Meliyana 9114 18 105, 2022, Pengaruh Fasilitas Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas VII Pada mata pelajaran Ips Terpadu di SMP Negeri 03 Wonosari Kabupaten BoalemoÂ. Hasil program studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, dibawah Bimbingan Dr. Muhammad Amir Arham, M.E. dan Dr. Meyko Panigoro, S. Pd, M. Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar siswa terhadap hasil belajar siswa di Kelas VII Pada mata pelajaran Ips Terpadu di SMP Negeri 03 Wonosari Kabupaten Boalemo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kauntitatif dengan metode penelitian eksplanatori. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan populasi di SMP Negeri 03 Wonosari yang berjumlah 38 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling total yakni semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Alat uji analisis yang digunakan dalam menguji penelitian ini yaitu uji instrument, uji asumsi klasik, pengujian hipotesis dan uji regresi linear sederhana.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Hipotesis dalam penelitian ini diterima iyaitu variabel X (Fasilitas Belajar Siswa ) memiliki pengaruh terhadap variabel Y (Hasil Belajar) dengan menunjukan bahwa peningkatan fasilitas di sekolah SMP Negeri 03 Wonosari mampu meningkatkan hasil belajar melalui pengukuran menggunakan beberapa indikator, seperti sumber belajar memiliki pengaruh sangat besar terhadap hasil belajar sehingga dapat disimpulkan bahwa fasilitas belajar berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa di SMP Negeri 03 Wonosari kabupaten boalemo sedangkan yang lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.
Kata kunci : Fasilitas belajar Siswa dan Hasil Belajar Siswa
Download berkas