Penulis / NIM
RIAN ABDUL TANIB / 911418109
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Pembimbing 2 / NIDN
ARDIANSYAH, S.Pd., M.Pd / 0027088903
Abstrak
ABSTRAK
Rian Abdul Tanib. NIM 911418109. 2022. "Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di Kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Gorontalo" Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Neger Gorontalo. Dibawah Bimbingan Ibu Dra. Irina Popoi ,M.Pd Sebagai Pembimbing I & Bapak Hi. Ardiansyah, S.Pd M.Pd Sebagai Pembimbing I.
Tujuan Penelitian in untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learing Terhadap Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di Kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Gorontalo
Penelitian i n menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode penelitian Survei. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIll di SMP N e g e r 6 Kota Gorontalo data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner pada Siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Gorontalo Jumlah Penarikan Sampel dalam penelitian in sebesar 60 responden. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana
Hail penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada model pembelajaran problem based learning terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Gorontalo. Besaran pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terpadap Motivasi Belajar Siswa 63,2% sedangkan sisanya sebesar 36,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Problem BasedLearning, Motivasi Belajar Siswa
Download berkas