Penulis / NIM
SOPYAN ASUKE / 911418138
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. LISDA L ASI, S. Pd., M.Si / 0005047303
Pembimbing 2 / NIDN
MELIZUBAIDA MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0017087805
Abstrak
ABSTRAK
Sopyan Asuke, NIM 911 418 138. Pengaruh gaya mengajar guru terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VII SMP Negeri Momalia Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow SelatanÂ. Skripsi Fakultas Ekonomi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo.
Pembimbing I Dr. Lisda L. Asi, S.Pd., M.Si
Pembimbing II Melizubaida Mahmud, S.Pd., M.Si
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar guru terhadap aktifitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VII SMP Negeri Momalia Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, penelitian ini memnggunakan pendekatan Kuantitatif, dengan metode Survei. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner pada siswa kelas VII SMP Negeri Momalia. Jumlah penarikan sampel dalam penelitian sebesar 51 responden. Tehnik analisis data menggunakan regresi linear sederhana. Teknis pengumpulan data, observasi, wawancara, kuisioner, dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara gaya mengajar guru terhadap aktifitas belajar siswa kelas VII SMP Negeri Momalia sebesar 21,6% sedangkan sisanya 78,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Seperti Motivasi Belajar siswa, Prestasi Belajar siswa, Hasil Belajar siswa.
Kata Kunci : Gaya Mengajar Guru, Aktifitas Belajar Siswa
Download berkas