Penulis / NIM
SITI NARIZA PALOA / 911418142
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. RADIA HAFID, S.Pd, M.Si / 0025047103
Pembimbing 2 / NIDN
ANDI JUANNA, S.Pd.,M.Sc / 0026118404
Abstrak
ABSTRAK
SITI NARIZA PALOA, 2022. PENGARUH SOSIAL MEDIA TERHADAP PENGEMBANGAN USAHA BIAPONG COKLAT 17 DI KOTA GORONTALOÂ. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo dengan Pembimbing I Dr. Radia Hafid, S.Pd, M.Si, dan Pembimbing II Andi Juana, S.Pd, M.Sc.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sosial media terhadap pengembangan usaha biapong coklat 17 di Kota Gorontalo. Dengan mengetahui variabel sosial media berpengaruh terhadap variabel pengembangan usaha, Maka dapat disimpulkan bahwa perkembangan teknologi informasi saat ini membuat manusia sudah tidak lagi mempermasalahkan batas jarak, ruang dan waktu. Teknologi informasi melahirkan internet, internet menawarkan banyak manfaat bagi pelaku usaha untuk meningkatkan pengembangan usahanya. Selain itu, teknologi internet yang sedang berkembang pesat dan sangat berpotensi untuk mendorong pengembangan usaha adalah sosial media. Sosial media memiliki potensi menghubungkan banyak orang dengan mudah dan gratis.Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan teknik kuesioner. Penelitian ini dilakukan pada pelaku usaha biapong coklat 17 di Kota Gorontalo dengan jumlah populasi sebanyak 30 orang dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling dengan taraf kesalahan 5%. Analisis data dilakukan dengan uji prasyarat analisis dan dilanjutkan dengan uji regresi sederhana.Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel sosial media terhadap pengembangan usaha dengan nilai Rhitung sebesar 0,701 lebih besar dari nilai Rsquare sebesar 0,605, sehingga dapat dikatakan korelasinya positif. Selanjutnya, nilai Thitung sebesar 4,586 lebih besar dari nilai Ttabel yaitu sebesar 2,048, maka terdapat pengaruh.
Download berkas