SKRIPSI

Penulis / NIM
MIYANTI DALI / 911418158
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstrak
ABSTRAK Miyanti Dali. 2022.Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII Di SMP Negeri 4 Telaga Kabupaten Gorontalo.Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Dengan Pembimbing I Dr. H. Rosman Ilato, M.Pd dan Pembimbing II Roy Hasiru, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VII di SMP negeri 4 Telaga Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini menggunakan Pendekatan dan Metode penelitian kuantitatif dengan besarnya sampel dalam penelitian ini berjumlah 48 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi,wawancara,kuesioner dan dokumentasi, serta di analisis menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kompetensi pedagogik guru memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VII SMP Negeri 4 Telaga Kabupaten Gorontalo. Persamaan regresi linier sederhana diproleh bahwa Ã...¶ = 1.612 + 0,976x, menunjukkan bahwa Konstanta sebesar 1.612 menyatakan bahwa nilai konstanta 1.612 akan menunjukkan nilai kompetensi pedagogik guru (X) sebesar 1.612 dengan nilai prestasi belajar siswa (Y). Selanjutnya, koefisien regresi variabel kompetensi pedagogik guru (X) sebesar 0,976, yang nilainyaa postitif artinya jika kompetensi pedagogik guru mengalami kenaikan atau penambahan 1 (satu) nilai yang berasal dari kompetensi pedagogik guru, maka prestasi belajar siswa (Y) akan mengalami kenaikan sebesar 0,976, dengan asumsi variabel lainnya kosntan. Kompetensi pedagogik guru mampu memberikan kontribusi atau pengaruh sebesar 45,7% terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VII SMP Negeri 4 Telaga Kabupaten Gorontalo. Artinya, variabel kompetensi pedagogik guru memiliki proporsi pengaruh terhadap prestasi belajar siswa sebesar 45,7% sedangkan sisanya sebesar 54,3 dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik Guru dan Prestasi Belajar Siswa
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011