Penulis / NIM
RAHMA BLONGKOD / 911418164
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. RADIA HAFID, S.Pd, M.Si / 0025047103
Pembimbing 2 / NIDN
MELIZUBAIDA MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0017087805
Abstrak
ABSTRAK
Rahma Blongkod. NIM 911418164. 2022. "Pengaruh Penggunaan Buku Teks Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII Di SMP Cokroaminoto Solog Kabupaten Bolaang MongondowÃ�ÂÂ. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Radia Hafid, S.Pd.,M.Si dan Pembimbing II Melizubaida Mahmud, S.Pd.,M.Si.
Tujuan Penelitian yakni untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Buku Teks Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII Di SMP Cokroaminoto Solog Kabupaten Bolaang Mongondow.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan metode ex post facto. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 42 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan Kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik dengan bantuan SPSS 17.00 for Windows
Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan buku teks memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa di SMP Cokroaminoto Solog Kabupaten Bolaang Mongondow. Dapat dilihat dari hasil perhitungan koefisien determinasi menunjukan R square sebesar 0,210 yang berarti bahwa sebesar 21% variabel mengenai hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VIII SMP Cokroaminoto Solog Kabupaten Bolaang Mongondow dapat diterangkan oleh penggunaan buku teks, sedangkan sisanya sebesar 79% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa dan Penggunaan Buku Teks
Download berkas