Penulis / NIM
FITRIYANTI LIMONU / 911418173
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. RADIA HAFID, S.Pd, M.Si / 0025047103
Pembimbing 2 / NIDN
SRI INDRIYANI S DAI, SE, ME / 0024018402
Abstrak
ABSTRAK
Fitriyanti Limonu. NIM 911418164. 2022. Pengaruh Motivasi Belajar
Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu Di Kelas
VII MTs Alkhairaat Salilama Kabupaten BoalemoÂÂ. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi,
Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Radia Hafid, S.Pd.,M.Si dan
Pembimbing II Sri Indriyani S Dai, SE,ME
Tujuan Penelitian yakni untuk mengetahui Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap
Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di Kelas VII MTs
Alkhairaat Salilama Kabupaten Boalemo.Penelitian ini menggunakan metode
penelitian Kuantitatif. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 53 siswa. Data ini
kemudian diolah dengan menggunakan spss 17 dan di analisis menggunakan
teknik analisis Korelasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Pengaruh Motivasi Terhadap Prestasi Belajar
Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di Kelas VII MTs Alkhairaat Salilama.
Dapat dilihat dari hasil analisis korelasi menunjukan terdapat hubungan yang kuat
antara Motivasi Belajar Siswa (X) dan prestasi belajar siswa (Y) pada siswa kelas
VII mata pelajaran IPS terpadu MTs Alkhairaat Salilama Kabupaten Boalemo
dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,458. Dari hasil Hasil perhitungan
koefisien determinasi menunjukan pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi
belajar siswa kelas VII mata pelajaran IPS terpadu MTs Alkhairaat Salilama
Kabupaten Boalemo sebesar 62,7%. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor
lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Prestasi Belajar Siswa Dan Motivasi Belajar
Download berkas