Penulis / NIM
SILVANI ALI / 911418189
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Pembimbing 2 / NIDN
IRWAN YANTU, S.Pd., M.Si / 0020107305
Abstrak
SILVANI, ALI. NIM 911418189. 2022. Skripsi. "Pengaruh Motivasi dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah bimbingan Bapak Dr. H. Usman Moonti, M.Si sebagai pembimbing I dan Bapak Irwan Yantu, S.Pd., M.Si sebagai pembimbing II.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Motivasi dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan jumlah responden 60 responden (siswa) di SMP Negeri 1 Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango. Instrument utama yang digunakan pada penelitian ini adalah angket. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan regresi linier berganda selanjutnya dilakukan uji asumsi klasik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa sedangkan kemandirian belajar berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap hasil belajar siswa. Persamaan antara motivasi belajar, kemandirian belajar dan hasil belajar siswa adalah Y = 13,151 + 0,362X1 + 0,136X2. Model regresi ini menunjukkan setiap variabel terjadi kenaikan satu skor motivasi belajar maka akan diikuti oleh peningkatan skor hasil belajar siswa 0,362 pada konstanta 13,151. Berlaku juga pada kemandirian belajar yaitu setiap terjadi penurunan satu skor maka akan diikuti oleh penurunan hasil belajar siswa sebesar 0,136 pada konstanta 13,151.
Kata Kunci : Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar Siswa
Download berkas