Penulis / NIM
SRI ARYANTI / 912416004
Program Studi
S1 - EKONOMI PEMBANGUNAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SRI ENDANG SALEH, M.Si / 0013096708
Pembimbing 2 / NIDN
BOBY RANTOW PAYU, S.Si, ME / 0022088302
Abstrak
ABSTRAK
Sri Aryanti. NIM :912 416 004Valuasi Potensi Ekonomi Obyek Wisata Laut Olele dan Strategi Pengembangan Dalam Upaya Peningkatan Ekonomi Daerah dibawah bimbingan Ibu Dr. Dra. Sri Endang Saleh, M.Si dan Bapak Boby Rantow Payu, S.Si, ME.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui valuasi potensi ekonomi yang ada di obyek wisata laut Olele dan menentukan strategi untuk pengembangan obyek wisata laut Olele dalam upaya peningkatan ekonomi daerah. Data yang digunakan bersumber dari Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo, Dinas Pariwisata Kabupaten Bone Bolago dan kuisioner yang disebarkan ke wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata laut Olele. Metode yang digunakan adalah Willingness To Pay (WTP) dan analisis strategi Strength Weakness Opportunity Threats (SWOT).
Hasil dari penelitian ini bahwa nilai potensi ekonomi yang tercipta karena wisatawan yang datang berkunjung ke obyek wisata laut Olele berdasarkan nilai rata-rata willingness to pay (WTP) responden adalah sebesar Rp 732.828/orang sudah mencakup akomodasi transportasi, makan dan minum, penginapan/homestay, serta perlengkapan snorkleling dan diving, nilai ini akan meningkat seiring dengan bertambahnya wisatawan yang datang berkunjung ke obyek wisata laut Olele. Dan strategi alternatif (SO) untuk pengembangan obyek wisata taman laut Olele adalah sebagai berikut : 1) Mengadakan atraksi wisata yang lebih menarik agar tidak tersaingi tempat wisata lain disekitar lokasi wisata, seperti adanya wahana keluarga, dan lain-lain; 2) Memanfaatkan dan mengoptimalkan media sosial milik pemerintah daerah dan putra putri pariwisata untuk promosi obyek wisata taman laut Olele; 3) Bekerjasama dengan masyarakat, pemerintah, sponsor dan wisatawan dalam hal pengembangan obyek wisata laut Olele, seperti adanya mobil wisata Olele yang difasilitasi oleh Dinas Pariwisata dan Dinas Perhubungan; 4) Mengoptimalkan potensi ekonomi dengan membuat usaha oleh-oleh khas obyek wisata laut Olele.
Kata kunci : Valuasi Ekonomi, Willingness To Pay (WTP), Strategi (SWOT)
Download berkas