Penulis / NIM
NUR'AIN ANGGRAINI ABDULLAH / 912416024
Program Studi
S1 - EKONOMI PEMBANGUNAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MUHAMMAD AMIR ARHAM, M.E. / 0025077203
Pembimbing 2 / NIDN
BOBY RANTOW PAYU, S.Si, ME / 0022088302
Abstrak
Nur���ain Anggraini Abdullah. NIM : 912416024 ��Ã..."Penerapan Metode Hedonic Price Untuk Valuasi Ekonomi Objek Wisata Embung Hutadaa dan Strategi Pengembangannya�� dibawah bimbingan Bapak Dr. Muhammad Amir Arham M.E dan Bapak Boby Rantow Payu, S.Si, ME.
Penelitian ini bertujuan untuk menghitung Untuk menghitung valuasi ekonomi objek wisata Embung Hutadaa dan menentukan strategi pengembangan objek wisata Embung Hutadaa. Data yang digunakan bersumber dari Kantor Desa Hutadaa dan kuisioner yang disebarkan ke pengunjung objek wisata Embung Hutadaa. Metode yang digunakan adalah Hedonic Price dan Analisis strategi Strenght Weakness Opportunity Threats (SWOT).
Berdasarkan hasil penelitian Hedonic Price pada objek wisata Embung Hutadaa terdapat dua variabel yang berpengaruh signifikan dalam model yaitu: Pertama, Fasilitas wisata memiliki hubungan negatif Artinya jika peningkatan nilai pendapatan pengunjung maka nilai tingkat pengunjung individu menurun sebesar 0.601067. Adapun nilai Probabilitas sebesar 0.0017. Kedua, transportasi memiliki hubungan Positif Artinya jika peningkatan Nilai Keindahan Embung maka nilai tingkat pengunjung individu meningkat sebesar 0.446902. Adapun nilai Probabilitas sebesar 0.0264. Untuk Estimasi nilai ekonomi objek wisata Embung Hutadaa pada tahun 2020 adalah sebesar Rp. 2.199.000. Dan berdasarkan hasil Matriks SWOT didapat alternatif strategi pengembangan objek wisata embung hutadaa, yaitu alternatif strategi SO yakni strategi yang menitikberatkan pada pemanfaatan peluang yang ada (opportunity) dengan menggunakan atau mengoptimalkan kekuatan yang dimiliki (strenght). Adalah sebagai berikut : 1) Mempertahankan ciri khas dari tempat wisata agar dapat menarik wisatawan. 2) Mengoptimalkan potensi sumber daya wisata dalam meningkatkan potensi ekonomi wisata. Pilihan ini bertujuan untuk membuat objek wisata dengan desain alami, hal ini dilakukan untuk menarik wisatawan pencita alam, sehingga dapat memberikan kontribusi terhadap ekonomi daerah maupun nasional.
Kata Kunci : Valuasi Ekonomi, Hedonic Price, Strategi (SWOT)
Download berkas