DION PRAMANA PUTRA DJ. DAUD / 921409005
DION PRAMANA PUTRA DJ DAUD. 2013. Analisis Perbandingan Harga Jual Produk Melalui Pendekatan Target Pricing Dan Cost-Plus Pricing Untuk Mendapatkan Laba Yang Diinginkan (Studi Kasus Pada Toko Kue Se Kota Gorontalo). Skripsi, program studi S1 Akuntansi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Di bawah bimbingan Bapak La ode Rasuli, S.Pd, SE, MSA sebagai pembimbing I dan Ibu Nilawaty Yusuf, SE.Ak. M.Si sebagai pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan harga jual produk melalui pendekatan Target Pricing dan Cost-Plus Pricing untuk mendapatkan laba yang diinginkan di toko kue kota Gorontalo. Populasi dalam penelitian ini adalah toko kue yang ada di kota Gorontalo dengan sampel sejumlah 4 toko kue. Data yang digunakan adalah data premier yang di peroleh dari lembaran pertanyaan dan mewawancarai langsung. Alat analisis menggunakan metode analisis teknik rata-rata dua kondisi (independent t-test).
Hasil penelitian membuktikan bahwa perbandingan harga jual produk melalui pendekatan Target Pricing dan Cost-Plus pricing untuk mendapatkan laba yang diinginkan di toko kue kota Gorontalo menunjukan bahwa harga jual pasaran dengan harga jual teoritis sangat berbeda. Harga jual yang ditetapkan dengan menggunakan metode Cost-Plus pricing 20% dari harga yang ada di pasaran, sedangkan dengan metode Target Pricing 10% dari harga yang ada di pasaran.
Kata kunci: Harga Jual Produk Metode Cost-Plus Pricing, Target Pricing