Penulis / NIM
DESITA RAHMAN / 921411235
Program Studi
S1 - AKUNTANSI
Pembimbing 1 / NIDN
SAHMIN NOHOLO, SE, MM / 0017066704
Pembimbing 2 / NIDN
SITI PRATIWI HUSAIN, SE, M.Si / 0009038601
Abstrak
ABSTRAK
Desita Rahman . 921 411 235. 2017. Pengaruh Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPNBM) Terhadap Daya Beli Konsumen pada Kendaraan Bermotor Roda Empat (Suatu Penelitian pada PT. Nenggapratama Mobilindo Kota Gorontalo). Skripsi Program Studi S1 Akuntansi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Bapak Sahmin Noholo, SE.,MM dan Ibu Siti Pratiwi SE.,M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengenaan PPN atas kendaraan roda empat terhadap daya beli konsumen. Menganalisis pengaruh pengenaan PPnBM atas kendaraan roda empat terhadap daya beli konsumen. Serta menganalisis pengaruh pengenaan PPN dan PPnBM secara simultan atas kendaraan roda empat terhadap daya beli konsumen. Data dalam penelitian ini menggunakan data prImer yang diperoleh dengan instrumen kuesioner kepada responden yang telah memenuhi standar sampel yang telah ditentukan. Analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS 21.
Hasil penelitian menunjukan bahwa secara pasrial Pajak Pertambahan Nilai (PPN) berpengaruh signifikan terhadap Daya Beli Konsumen Kendaraan Bermotor Roda Empat Pada PT. Nenggapratama Mobilindo Kota Gorontalo. Kemudian Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) tidak berpengaruh signifikan terhadap Daya Beli Konsumen Kendaraan Bermotor Roda Empat Pada PT. Nenggapratama Mobilindo Kota Gorontalo. Secara simultan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Daya Beli Konsumen Kendaraan Bermotor Roda Empat Pada PT. Nenggapratama Mobilindo Kota Gorontalo.
Kata Kunci: Daya Beli, PPN, PPnBM
Download berkas